About the Journal
Jurnal Transposisi Didaktik dalam Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal merupakan media ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini hadir sebagai respons atas kebutuhan pengembangan ilmu pendidikan matematika yang tidak hanya berpijak pada pendekatan teoritis dan universal, tetapi juga menghargai konteks budaya lokal sebagai sumber nilai dan pengetahuan yang relevan bagi peserta didik di Indonesia.
Fokus utama jurnal ini adalah pada kajian transposisi didaktik, yaitu proses alih wahana pengetahuan ilmiah menjadi objek pembelajaran yang dapat dipahami dan dipelajari oleh siswa secara sistematis dan bermakna. Jurnal ini mengedepankan pendekatan kontekstual dan humanistik dalam penyusunan perangkat ajar, khususnya modul matematika yang dirancang berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal, seperti budaya, tradisi, dan praktik kehidupan masyarakat setempat.
Topik-topik yang menjadi cakupan jurnal meliputi, namun tidak terbatas pada:
- Rekonstruksi materi matematika melalui pendekatan kontekstual budaya;
- Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika;
- Analisis proses transposisi didaktik dalam konteks pembelajaran sekolah;
- Implementasi kearifan lokal dalam pembelajaran STEM;
- Evaluasi efektivitas modul pembelajaran matematika kontekstual terhadap hasil belajar dan sikap siswa;
- Kajian interdisipliner antara pendidikan matematika, antropologi, dan kurikulum.
Jurnal ini ditujukan bagi para pendidik, peneliti, pengembang kurikulum, serta praktisi pendidikan yang memiliki perhatian terhadap inovasi pembelajaran matematika yang tidak hanya rasional secara akademik, tetapi juga relevan secara sosial dan budaya. Dengan frekuensi terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini diharapkan menjadi rujukan penting dalam pengembangan praktik pembelajaran yang inklusif, kontekstual, dan berakar pada nilai-nilai lokal Indonesia.