Fokus dan Ruang Lingkup
Jurnal Transposisi Didaktik dalam Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal memfokuskan diri pada publikasi hasil kajian ilmiah dan pengembangan pembelajaran matematika yang mengedepankan integrasi antara pendekatan pedagogik, nilai-nilai budaya lokal, dan inovasi dalam pendidikan.
Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para peneliti, praktisi pendidikan, dosen, dan mahasiswa dalam mendiseminasikan karya ilmiah yang berkontribusi pada pengembangan pendidikan matematika yang relevan secara kognitif, sosial, dan kultural.
Topik-topik yang termasuk dalam cakupan jurnal ini antara lain:
- Transposisi Didaktik: Studi tentang proses transformasi pengetahuan ilmiah menjadi materi ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dan konteks pembelajaran.
- Etnomatematika: Kajian tentang matematika yang lahir dari praktik budaya masyarakat lokal serta aplikasinya dalam konteks pendidikan.
- Modul Pembelajaran Kontekstual: Pengembangan dan evaluasi modul matematika yang berbasis pada kehidupan nyata dan nilai-nilai lokal.
- Inovasi Kurikulum Matematika: Rekonstruksi isi dan pendekatan kurikulum matematika berbasis kearifan lokal dan kebutuhan abad ke-21.
- Media Pembelajaran Berbasis Budaya: Desain dan implementasi media digital atau cetak yang merepresentasikan budaya lokal sebagai sarana pembelajaran matematika.
- Evaluasi dan Asesmen Kontekstual: Pengembangan model penilaian yang relevan dengan pembelajaran matematika berbasis kontekstual dan budaya.
Dengan ruang lingkup tersebut, jurnal ini membuka peluang kontribusi lintas disiplin yang menggabungkan bidang pendidikan matematika, antropologi pendidikan, teknologi pembelajaran, dan studi budaya.