Analisis Transposisi Didaktik dalam Modul Matematika Berbasis Tradisi Batik Yogyakarta
Diterbitkan
2025-03-19
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses transposisi didaktik dalam pengembangan modul pembelajaran matematika yang mengintegrasikan elemen tradisi batik Yogyakarta sebagai konteks lokal. Transposisi didaktik merujuk pada tahapan transformasi pengetahuan ilmiah menjadi konten yang dapat dipelajari secara pedagogis di lingkungan sekolah. Modul yang dikembangkan difokuskan pada materi geometri, khususnya simetri dan transformasi, dengan menggunakan motif-motif batik seperti parang, kawung, dan ceplok sebagai sumber representasi visual. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan guru serta ahli budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transposisi didaktik berjalan melalui tiga tahapan utama: penyederhanaan konten ilmiah, kontekstualisasi melalui budaya lokal, dan penyusunan strategi pembelajaran visual berbasis motif batik. Modul yang dihasilkan dinilai valid dan praktis berdasarkan penilaian ahli serta uji coba terbatas di SMP Negeri Yogyakarta. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal dalam modul matematika tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman konseptual terhadap materi abstrak.
Transposisi Didaktik dalam Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Jl. Colombo No. 1, Karang Malang, Caturtunggal, Depok Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 Indonesia
Telepon: (0274) 586168