Representasi Budaya dalam Media Pembelajaran Matematika Digital Interaktif

Authors

  • Intan Permatasari, M.Pd. Universitas Negeri Yogyakarta, Depok, Indonesia

Keywords:

media pembelajaran digital, budaya lokal, matematika interaktif, desain pembelajaran, kontekstualisasi

Abstract

Integrasi nilai-nilai budaya ke dalam media digital pembelajaran matematika menghadirkan pendekatan baru dalam menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual, inklusif, dan memotivasi. Artikel ini membahas proses pengembangan dan implementasi media pembelajaran matematika digital interaktif yang menampilkan elemen budaya lokal sebagai bagian dari konten visual dan naratif. Metode penelitian pengembangan model ADDIE digunakan dalam penyusunan media, mulai dari analisis kebutuhan, desain, hingga uji keefektifan. Konten yang dikembangkan memuat konteks matematika sehari-hari yang akrab dengan kehidupan siswa, seperti pola batik, perhitungan dalam jual beli tradisional, dan struktur bangunan adat. Hasil validasi ahli dan uji coba terbatas di sekolah menunjukkan bahwa media tersebut tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga memperkuat keterhubungan kognitif antara konsep matematika dan realitas sosial siswa. Representasi budaya terbukti memperluas ruang pemahaman siswa sekaligus memperkuat identitas lokal dalam proses belajar.

Diterbitkan

2025-03-19