Representasi Budaya dalam Media Pembelajaran Matematika Digital Interaktif
Diterbitkan
2025-03-19
Integrasi nilai-nilai budaya ke dalam media digital pembelajaran matematika menghadirkan pendekatan baru dalam menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual, inklusif, dan memotivasi. Artikel ini membahas proses pengembangan dan implementasi media pembelajaran matematika digital interaktif yang menampilkan elemen budaya lokal sebagai bagian dari konten visual dan naratif. Metode penelitian pengembangan model ADDIE digunakan dalam penyusunan media, mulai dari analisis kebutuhan, desain, hingga uji keefektifan. Konten yang dikembangkan memuat konteks matematika sehari-hari yang akrab dengan kehidupan siswa, seperti pola batik, perhitungan dalam jual beli tradisional, dan struktur bangunan adat. Hasil validasi ahli dan uji coba terbatas di sekolah menunjukkan bahwa media tersebut tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga memperkuat keterhubungan kognitif antara konsep matematika dan realitas sosial siswa. Representasi budaya terbukti memperluas ruang pemahaman siswa sekaligus memperkuat identitas lokal dalam proses belajar.
Jurnal Pendidikan Islami untuk matematika interaktif adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Jl. Colombo No. 1, Karang Malang, Caturtunggal, Depok Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 Indonesia
Telepon: (0274) 586168