About the Journal

Selamat Datang Di Integrasi Sensor IoT untuk Monitoring Emisi CO₂ di Ruang Kelas sebagai Upaya Green Campus

Integrasi Sensor IoT untuk Monitoring Emisi CO₂ di Ruang Kelas sebagai Upaya Green Campus adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan karya-karya inovatif dan aplikatif dalam bidang teknologi Internet of Things (IoT), pemantauan lingkungan, dan penerapannya di dunia pendidikan. Jurnal ini berfungsi sebagai platform akademik bagi para peneliti, praktisi teknologi, pendidik, serta pemerhati isu lingkungan yang ingin berkontribusi dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih berkelanjutan dan cerdas.

Fokus utama jurnal ini adalah pada integrasi teknologi sensor dan sistem jaringan IoT untuk memantau emisi karbon dioksida (CO₂) di ruang kelas, sebagai indikator kualitas udara dalam ruangan dan sebagai dasar pengambilan kebijakan menuju lingkungan kampus yang ramah dan sehat. Jurnal ini mendukung pengembangan teknologi hijau berbasis data real-time yang dapat digunakan oleh institusi pendidikan dalam upaya mendukung program Green Campus.

Topik yang termasuk dalam cakupan jurnal ini antara lain:

  • Rancang bangun dan implementasi sensor CO₂ berbasis mikrokontroler
  • Sistem pemantauan kualitas udara dalam ruangan berbasis IoT
  • Analisis data emisi CO₂ untuk pengambilan keputusan di lingkungan sekolah dan kampus
  • Integrasi IoT dengan energi terbarukan untuk efisiensi lingkungan belajar
  • Otomatisasi ruang kelas ramah lingkungan dan solusi teknologi berkelanjutan dalam pendidikan

Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun dan bersifat akses terbuka. Setiap artikel yang diterbitkan telah melalui proses review sejawat secara anonim dan dipastikan memenuhi standar keilmuan, keterbaruan, dan etika akademik. Melalui jurnal ini, diharapkan terbentuk ekosistem pengetahuan yang mendukung transformasi pendidikan menuju arah yang lebih hijau, cerdas, dan berbasis teknologi.

Issue Tebaru

Vol. 1 No. 1 (2025): Integrasi Sensor IoT untuk Monitoring Emisi CO₂ di Ruang Kelas sebagai Upaya Green Campus
View All Issues